Klasemen Liga Spanyol 2015/2016 Pekan Ke-2

  • 174 Views
  • Last Post 05 September 2015
admin posted this 05 September 2015 - Last edited 11 September 2015

Akankah Posisi Lima Besar Klasemen Liga Spanyol Saat Ini Bertahan Lama?

Sama halnya dengan liga divisi utama sepakbola lainnya, liga Spanyol juga akan rehat selama sepekan karena para pemain sepakbola di negeri ini akan berkonsentrasi di tim nasional mereka masing-masing. Bagi tim-tim yang berisi pemain-pemain tim nasional, baik itu Spanyol maupun luar negeri, tentu akan sangat kesulitan untuk menyusun strategi permainan saat menghadapi pekan ketiga jadwal bola di La Liga. Namun, yang diuntungkan adalah beberapa tim yang tidak didominasi oleh pemain-pemain tim nasional. Hal ini tentu akan dimanfaatkan oleh beberapa tim ‘gurem’ yang kini berada di papan atas klasemen liga Spanyol sementara seperti Eibar dan Celta Vigo.


Kejutan yang terjadi di jadwal liga Spanyol pekan kedua La Liga diprediksi tidak akan bertahan lama. Pasalnya, tim-tim yang kini berada di papan atas klasemen sementara dianggap hanya ‘beruntung’ karena dapat memenangi dua pertandingan di awal klasemen. Memang, hal tersebut adalah teori di atas kertas. Segala sesuatu dapat terjadi dalam sepakbola, dan hal ini diamini oleh para pemain sekaligus manajer Celta Vigo, Eduardo Berizzo.

 

 

 

Berizzo memuji penampilan pasukannya yang tidak sekedar menang tipis atas lawan-lawan mereka. “Perolehan enam poin tidak didapat dengan mudah, tetapi kami yakin dengan kerjasama tim yang baik, kami dapat mempertahankan posisi,” paparnya usai pertandingan.

 

Posisi Klasemen Liga Spanyol 2015/2016 Pekan Ke-2

Rank Club MP W D L GF GA GD P
1 Celta de Vigo 2 2 0 0 5 1 4 6
2 Eibar 2 2 0 0 5 1 4 6
3 Atlético Madrid 2 2 0 0 4 0 4 6
4 Barcelona 2 2 0 0 2 0 2 6
5 Real Madrid 2 1 1 0 5 0 5 4
6 Villarreal 2 1 1 0 4 2 2 4
7 Granada 2 1 0 1 3 4 -1 3
8 Espanyol 2 1 0 1 2 3 -1 3
9 Deportivo La Coruña 2 0 2 0 1 1 0 2
10 Valencia 2 0 2 0 1 1 0 2
11 Real Sociedad 2 0 2 0 0 0 0 2
12 Sporting Gijón 2 0 2 0 0 0 0 2
13 Levante 2 0 1 1 1 2 -1 1
14 Las Palmas 2 0 1 1 0 1 -1 1
15 Málaga 2 0 1 1 0 1 -1 1
16 Rayo Vallecano 2 0 1 1 0 3 -3 1
17 Sevilla 2 0 1 1 0 3 -3 1
18 Real Betis 2 0 1 1 1 6 -5 1
19 Getafe 2 0 0 2 1 3 -2 0
20 Athletic Club 2 0 0 2 0 3 -3 0


Peran Nolito juga memiliki kontribusi besar kepada kemenangan tim yang bermarkas di stadion Balaídos ini. Pemain yang diincar oleh Barcelona ini menunjukkan permainan yang sangat bagus di musim lalu. Saat melawan Rayo Vallecano di hasil liga Spanyol pekan kedua, penyerang tangguh ini mencetak dua gol, serta memberi umpan cantik bagi Andreu Fontas untuk mencetak gol ketiga bagi Vigo.

 

2 Comments
Order By: Standard | Newest | Votes
admin posted this 05 September 2015 - Last edited 11 September 2015

Kejutan lainnya adalah tampilnya Eibar sebagai salah satu dari tim yang memenangi dua kali pertandingan berturut-turut. Tim ini adalah salah satu dari tim yang lolos dari jurang degradasi. Secara tidak langsung, Eibar terselamatkan oleh dihukumnya Elche, tim yang saat itu berada di peringkat ke 13. Elche diberi sanksi oleh BBVA karena adanya kesalahan manajemen keuangan, sehingga Elche lah yang harus rela bertanding di divisi dua.

Terlepas dari masalah tersebut, Eibar sanggup menyajikan permainan sepakbola berkualitas kendati dengan budget terbatas. Eibar membuka musim 2015 – 2016 dengan kemenangan telak atas tuan rumah, Granada. Di pertandingan kedua, Eibar menaklukkan Athletic Bilbao dengan dua gol tanpa balas. Prestasi yang cukup membanggakan jika ditilik dari ‘status’ Eibar. Dengan dua kemenangan ini, Eibar berada di peringkat kedua dengan poin 6, menyamai Atletico Madrid, Barcelona dan Celta Vigo.

 

 

Eibar tentu tidak ingin lagi terpuruk di papan bawah dan terancam degradasi seperti musim lalu. Upaya ini dibarengi dengan memboyong pemain baru yakni Antonio Luna dari Aston Villa dan Simone Verdi yang dipinjam dari AC Milan.

 

 

Bagaimana dengan sang juara bertahan, Barcelona? Tim ini sudah memenangi dua kali pertandingan, dan beroleh angka 6. Sekilas, memang pantas kalau El Barca menuntaskan dua pekan perdana di La Liga dengan kemenangan. Namun kemenangan tersebut tidaklah terlalu memuaskan karena tim-tim yang ditaklukkan adalah tim kecil, dengan kemenangan yang ‘kecil’ pula.

Di pertandingan perdana, Barcelona unggul 0-1 di kandang Athletic Bilbao. El Barca meneruskan rekor kemenangan dengan hasil yang sama saat menjamu Malaga. Dua gol yang dibukukan membuat Barcelona harus mengalah dari Atletico Madrid yang berada di posisi ketiga klasemen sementara, meski kedua tim mengantongi nilai 6. Malaga tidak dengan mudah ditaklukkan karena terbukti para pemain Barcelona tidak dapat bergerak dengan bebas untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Tantangan berat untuk Barcelona adalah pertandingan pekan ketiga saat melawan rival terdekatnya, Atletico Madrid. Patut ditunggu, apakah Barcelona bisa menaklukkan mantan juara Liga Spanyol tahun 2014 itu. Perlu disimak pula, apakah Barcelona hanya akan mengandalkan Thomas Vermaelen saja kali ini.

 

 

Kubu Atletico Madrid pun tentu tidak mau kalah di laga sarat gengsi ini. Menjadi tuan rumah adalah berkah, apalagi saat harus memperjauh jarak dari Barcelona. Sejauh ini, rekor kemenangan Atletico Madrid masih jauh lebih bagus. Tim besutan Diego Simeone ini sudah mencetak tiga gol dari dua kali kemenangan di dua pertandingan. Atletico menang 1-0 atas Las Palmas di pembukaan jadwal liga Spanyol, dan menang telak 0-3 dari tamunya, Sevilla. Tentu, tim ini tidak dapat dianggap remeh, meskipun satu pemainnya, Raul Garcia bakal hengkang ke Athletic Bilbao. Dengan perolehan gol yang lebih banyak dari Barcelona, Atletico berada di peringkat ketiga dengan poin setara dengan Barcelona, yakni 6.

 

admin posted this 05 September 2015 - Last edited 11 September 2015

Real Madrid Buktikan Eksistensi Diri

Dari semua tim yang berlaga di Liga Utama Spanyol, mungkin hanya Real Madrid yang paling rajin mengeluarkan uang untuk merekrut pemain-pemain baru. Hal ini wajar, mengingat tim ini juga harus berlaga untuk beberapa pertandingan di luar Liga Utama Spanyol. Namun, manajemen Real Madrid dianggap paling boros, karena pengeluaran yang jauh lebih besar dibandingkan tim besar lainnya, Barcelona dan Atletico Madrid. Di musim ini, Real Madrid belum terkalahkan, meski tidak memenangkan dua pertandingan yang sudah dilakoninya. Pasukan Rafa Benitez ini hanya bermain imbang tanpa gol saat dijamu oleh Sporting Gijon, namun dapat menang telak 5-0 dari Real Betis.

 

 

Jika memang kemenangan telak ini adalah gambaran sempurna dari rancangan arsitek Rafa Benitez, maka Real Madrid bisa mewujudkan ambisi untuk tampil sebagai juara La Liga musim ini. Namun, hasil pertandingan ini seharusnya bukan menjadi rujukan dalam menentukan kesempatan untuk menjadi juara La Liga atau tidak. Lawan-lawan yang menunggu El Real sangat berat, termasuk Espanyol. Tim ini akan menjamu Real Madrid di pekan ketiga Liga divisi utama Spanyol pada 12 September mendatang. Tentu, Real Madrid tidak akan rela berada terlalu lama di peringkat ke lima seperti sekarang ini.

Posisi lima besar klasemen sementara La Liga hingga pekan kedua masih akan berputar. Atau bergeser? Tentu, hanya waktu yang bisa menjawabnya. Pecinta bola makin penasaran, siapa yang bakalan menjadi kampiun di tahun ini. Apakah tim kejutan, atau tetap sang juara bertahan?